DINAS PERPUSTAKAAN DAN ARSIP KOTA TANJUNGPINANG

ARSIP HILANG ASET MELAYANG

Bagian identitas

Kode unik

29112

Nama resmi

DINAS PERPUSTAKAAN DAN ARSIP KOTA TANJUNGPINANG

Nama paralel

Nama lain

Tipe

  • Lembaga Kearsipan Daerah

Bagian kontak

Tipe

Alamat

Alamat

Jl. H. Agus Salim No.1

Kabupeten/Kota

Tanjungpinang

Provinsi

Kepulauan Riau (Kepri)

Nama Negara

Indonesia

Kode pos

29112

Telepon

0771-317793

Faks

0771-317793

Email

Catatan

Bagian deskripsi

Sejarah

Sebagai ibu kota Provinsi Kepulauan Riau, Kota Tanjungpinang dituntut untuk lebih optimal dalam segala aspek, baik itu aspek pembangunan, pendidikan, budaya, dan lainnya. Peraturan Pemerintah nomor 38/2007 pasal 7 yang menetapkan bahwa:
“bidang perpustakaan dan arsip merupakan salah satu unsur wajib pemerintah daerah diseluruh Indonesia di samping 26 unsur wajib lainnya, seperti pendidikan, kependudukan, kesehatan dan lainnya”
Atas kesadaran pentingnya keberadaan perpustakaan dan kearsipan, maka pemerintah Kota Tanjungpinang menambahkan satu struktur organisasi dalam pemerintahnya yaitu Kantor Perpustakaan dan Arsip yang merupakan Sub Bagian pada Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kota Tanjungpinang maka dikeluarkanlah Peraturan Daerah Kota Tanjungpinang Nomor. 3 Tahun 2009 tentang pembentukan Struktur Organisasi dan Tata Kerja Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Tanjungpinang pada tanggal 10 Februari 2009.
Selanjutnya dalam Peraturan Daerah Kota Tanjungpinang Nomor 14 Tahun 2012 tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2009 Tentang Organisasi Dan Tata Kerja Lembaga Teknis Daerah Kota Tanjungpinang menjadi Badan Perpustakaan, Arsip dan Museum Kota Tanjungpinang dan kemudian di Peraturan Daerah Kota Tanjungpinang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2009 Tentang Organisasi Dan Tata Kerja Lembaga Teknis Daerah Kota Tanjungpinang menjadi Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Tanjungpinang yang mempunyai tugas membantu Walikota dalam penyelenggaraan Pemerintahan Daerah dan melaksanakan kebijakan daerah di bidang perpustakaan dan kearsipan. Meningkatkan kuantitas dan kualitas penyelenggaran, pembinaan, dan pengawasan kearsipan dalam menuju tertib arsip.

Konteks geografis dan budaya

Kota Tanjungpinang maupun Pulau Bintan keseluruhan beriklim tropis dengan temperatur 23 °C – 34 °C. Tekanan udaranya berkisar antara 1.010,2 mbs dan 1.013,7 mbs.
Secara resmi memiliki musim kemarau dan musim penghujan. Tidak ada perbedaan musim yang mencolok di daerah ini. Hujan dapat turun sepanjang tahun. Namun setiap akhir sampai dengan awal tahun terjadi "Angin Utara" yang sangat berbahaya dengan gelombang yang sangat kuat.

Mandat/sumber kewenangan

Struktur administrasi

Kebijakan mengenai Pengelolaan Arsip dan Penghimpunan

  1. Peraturan Walikota Tanjungpinang No. 25 Tahun 2018 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Walikota Tanjungpinang No. 31 Tahun 2012 tentang Pedoman Tata Naskah Dinas di Lingkungan Pemerintah Kota Tanjungpinang
  2. Peraturan Walikota Tanjungpinang No. 39 Tahun 2017 tentang Pedoman Tata Kearsipan dan Peraturan Walikota Tanjungpinang No. 33 Tahun 2019 Tentang Perubahan Peraturan Walikota Tanjungpinang No. 39 Tahun 2017 tentang Pedoman Tata Kearsipan
  3. Peraturan Walikota Tanjungpinang No. 49 Tahun 2019 Tentang Jadwal Retensi Arsip
  4. Peraturan Walikota Tanjungpinang No. 4 Tahun 2020 Tentang Pedoman SKKAAD

Gedung

Khazanah

Sarana temu balik, pedoman dan publikasi

Daftar Arsip Statis

Bagian akses

Waktu layanan

Persyaratan dan Kondisi Akses

Akses menuju lokasi

Bagian layanan

Layanan penelitian

Layanan reproduksi

Area publik

Bagian kontrol

Kode unik deskripsi

Kode unik lembaga

Aturan dan/atau konvensi yang digunakan

Status

Tingkat kedetilan

Tanggal pembuatan, revisi, dan penghapusan

Bahasa

Tulisan

Sumber

Catatan mengenai pemeliharaan

Jalur akses

Titik Akses

  • Clipboard

Kontak utama

Jl. H. Agus Salim No.1
Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri)
ID 29112